Apa Itu Mebel? Simak Kegunaan, Jenis Dan Modelnya

apa itu mebel

Apa Itu Mebel ?

Apa itu mebel, mebel adalah alat pelengkap pengisi rumah yang terbuat dari kayu, dibentuk desain meja, kursi, lemari, atau lainnya dengan kegunaan fungsional dan memperindah ruangan. Membangun sebuah rumah bisa dikatakan wajib memiliki mebel agar rumah terasa lebih hidup. Mebel harus menyesuaikan dengan ukuran sudut rumah, warna cat rumah dan konsep rumah. Sangat aneh jika Anda memberikan mebel model interior dalam rumah yang konsepnya konvensional seperti rumah adat, rumah desa. Mebel model interior akan lebih cocok ditempatkan pada rumah konsep minimalis.

Jadi, model mebel harus sesuaikan dengan konsep rumah Anda agar tidak dinilai aneh oleh tamu yang datang. Mebel bisa dikatakan sebagai perwakilan karakter dari penghuni/pemilik rumah itu sendiri.

Sejarah Perkembangan Mebel

Melihat dari banyak bukti sejarah dan cerita yang berkembang, penemuan apa itu mebel telah ada saat jaman neolitikum atau jaman batu yang sebelum manusia mendiami bumi. Ketika jaman batu yang dihuni oleh makhluk semi hewan semi manusia dimana mereka membangun rumah kemudian menyusun bebatuan lempeng menjadi meja, tempat tidur, tungku masak, kursi. Seiring dengan perkembangan jaman, memasuki era masehi maka mebel yang tadinya sangat kuno dipoles menjadi lebih baik memakai bahan kayu yang lebih ringan dan teknik polesan agar tidak membahayakan dan sesuai ukuran rumah.

Baca Juga: Toko Mebel Kayu Terdekat : Pilihan Tepat untuk Interior Rumah

Jaman nabi saja mebel telah banyak dibuat dari bahan logam mulia seperti emas, tembaga, dan perak. Hanya orang kaya saja yang bisa memiliki mebel dari logam tersebut, sisanya memakai bahan kayu. Masuk abad ke 20, perkembangan mebel semakin bagus dari bahan baku kayu solid seperti jati, mahoni, kalimantan, glugu, dan sebagainya yang dikombinasikan dengan logam sebagai finishing akhirnya. Era milenial, mebel bertransformasi lagi ke bahan yang lebih ringan, multifungsi dan terjangkau. Contoh apa itu mebel kekinian: meja belajar dari bahan plastik yang bisa dibongkar pasang, lemari plastik yang berguna ganda bagian sisi sampingnya untuk meja rias bisa ditekuk.

Intinya, mebel melengkapi rumah Anda agar bisa dipakai untuk meletakkan perkakas pokok seperti pakaian, buku, sepatu dan masih banyak lagi.

Manfaat Mebel

Secara fungsional, mebel membantu meringankan pekerjaan rumah Anda, membuat keindahan pada rumah dan menjadi pelengkap hidupnya sebuah rumah. Anda bisa bayangkan jika dalam satu rumah tidak terdapat apapun alias kosongan saja maka akan terkesan menyeramkan, tidak hangat dan pastinya berantakan. Namun, rumah yang salah dalam pemilihan mebel akan merusak keindahan rumah, contohnya mebel yang sebenarnya cukup empat meja ditambahkan lagi sehingga membuat rumah terasa penuh sesak.

mebel dikatakan efektif ketika dibutuhkan sebagai pengisi rumah Anda secara fungsional. Istilah mebel berkembang dengan sangat baik dari tahun ke tahun dan semua orang butuh mebel.

Baca Juga: Toko Mebel Bali Terbesar Terlengkap – F2C Furniture

Jenis Kayu Untuk Mebel

Terdapat 2 jenis kayu yang sering digunakan untuk apa itu mebel:

1. Kayu solid

Adalah jenis kayu yang mempunyai tekstur kuat, tahan benturan, serat ligninnya banyak dan tidak bisa dimodifikasi ke dalam bentuk aneka reka seperti melengkung, bulat 3 dimensi, atau spiral. Kayu solid sangat banyak Anda temukan di hutan Indonesia seperti kayu mahoni, kayu jati, kayu kalimantan, kayu damar, kayu trembesi, kayu sungkai. Kesemua kayu tersebut akan dikuliti terlebih dahulu menjadi bentuk lembaran pipih, gelondongan dan balok. Barulah saat ingin dibentuk kotak, kayu tersebut harus disusun terapkan menjadi kesatuan. Kemudian diukir, di amplas, dipernis, dicat.

2. Kayu non solid

Adalah jenis kayu putih yang memiliki tekstur kuat, lentur, ulet, dilapisi dengan anti rayap dan pembuatan lanjutannya juga cukup rumit seperti pada kayu bahan dasar interior. Kayu interior adalah kayu blockboard yang setiap lembarannya disusun rapat (Anda bayangkan seperti kue lapis legit). Lembaran kayu blockboard tersebut bisa dibentuk estetik menjadi lingkaran, melengkung, kotak, segitiga dan lainnya karena memang khusus untuk konsep mebel interior.

Bahan mentah yang telah dibuat akan lebih indah lagi jika dilapisi dengan HPL atau lapisan kayu tipis bertekanan tinggi. Tujuannya, melindungi kayu blockboard dari rayap yang cepat menggerogoti serat kayu.

Dari segi harga, mebel kayu solid dan non solid hampir seimbang untuk satu produk apa itu mebel. Meja kayu solid dengan meja kayu non solid kisaran harganya selisih Rp. 500 ribuan. Dari kualitas juga tak terlalu jauh beda hanya saja Anda harus peka dan jeli dalam memilih ahli mebel dan bahan yang digunakan ya!

Baca Juga: Toko Mebel Murah Terdekat : Tips Memilih Mebel Berkualitas

Kriteria Mebel Yang Bagus

1. Bernilai aman

Artinya, apa itu mebel tersebut tidak menjadikan bahaya bagi penghuni rumah dilihat dari struktur mebelnya, apakah ada bagian yang terlalu lancip berpotensi untuk melukai anggota keluarga. Tekstur mebel area sisinya dibuat agak licin tidak melukai kulit saat tersenggol.

2. Tidak membuat kerugian lingkungan

Bahan dasar mebel mayoritas dari kayu alam yang setiap pembuatannya harus menebang pohon di hutan. Semakin banyak penebangan makin tak bagus untuk lingkungan karena efek jangka panjangnya pemanasan global. Untuk itu, mebel yang baik minimal mengganti pohon yang telah ditebang dengan tunas pohon baru dan memanfaatkan serpihan kayu menjadi mebel baru lagi.

3. Sesuai ukuran

Ukuran mebel tidak boleh terlalu kecil atau terlalu besar untuk itu sebelum pembuatannya diukur terlebih dahulu. Tujuannya, tidak membuat limbah kayu karena jika limbah sisa kayu tidak digunakan lagi akan menumpuk. Namun, saat ini limbah serpihan kayu bisa diolah kembali menjadi produk kayu kualitas nomor dua.

Baca Juga: Cek Material Yang Di Gunakan Di Toko Mebel Terdekat Dari Sini

4. Tahan dan kokoh

Apa itu mebel harus kokoh dan tahan karena jika mudah reyot bisa membahayakan penghuni rumah, terutama anak balita. Kekuatan kayunya beragam, ada yang 30 tahun baru mulai keropos, ada juga yang mencapai 60 tahun. Semua tergantung dari karakter kayunya. Mebel yang mudah keropos akan dihindari orang kendati biaya belinya murah karena berulang kali membeli produk mudah rusak akan merugikan pembeli.

5. Standar nasional

Artinya, melihat ukuran stAndar sebuah negara dan nantinya berpengaruh terhadap kenyamanan pakai. Contoh: meja memiliki tinggi 80 cm yang sangat nyaman untuk Anda pakai kerja, belajar, menyesuaikan dengan sikap tegap punggung agar tidak bungkuk. Lebar lemari dibuat 50 – 60 cm agar tidak membuat sesak ruangan. Lebar lemari juga diperhitungkan dari lebar dan panjang ukuran pakaian saat dilipat atau digantung sehingga tertata rapi. F2C Furniture adalah toko mebel yang menjual berbagaimacam produk mebel/furniture yang di produksi di pabrik sendiri.

Baca Juga: Custom Mebel Terpercaya Hanya di F2C Furniture

Jadi Apa itu mebel?

Mebel merupakan bahan pelengkap pokok dalam mengisi rumah, menjadikan rumah lebih hidup, rapi, membuat penghuninya nyaman menempati. Anda bisa memesan mebel sesuai konsep rumah dengan budget menyesuaikan, harga mebel termurah saat ini kisaran Rp. 500 ribuan memakai kayu solid.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Custom Furniture | Paket Get Married | Cabinet Serbaguna | Meja Makan | Rak Serbaguna | Meja Serbaguna | Buffet TV | Meja Rias | Kursi | Lemari Serbaguna, Tanyakan apa saja kepada saya!
👋 Hai, ada yang bisa Furnia bantu ?