Jenis Furniture Kantor Yang Wajib Ada
Perabot punya peranan yang penting tidak hanya untuk di rumah saja, tapi juga bangunan lain termasuk kantor. Suatu interior tanpa kehadiran furniture tentu akan tampak sepi, apalagi di kantor yang mana di dalamnya terjadi berbagai aktivitas penting. Sehingga butuh furniture kantor yang bisa menunjang kelancaran sistem operasional kantor itu.
Ini penting untuk dipahami terlebih pada kantor yang baru beroperasi. Tentu ada peranan penting lainnya dari kehadiran perabot kantor ini yang harus diketahui. Berikut ini adalah fungsi penting lainnya beserta apa saja macam macam furniture kantor yang utama. Yuk, simak.
Fungsi dari Furniture Kantor
Perabot kantor bisa dimaknai sebagai suatu benda di kantor yang terbuatnya dari besi atau kayu dan mempunyai beragam fungsi penting. Terutama menunjang berbagai aktivitas para pekerja kantor, dan sifatnya bisa digunakan berkali-kali. Fungsi lain dari furniture kantor adalah terkait dengan pemasangan furniture ini sendiri.
Salah satunya yakni menjadi suatu bagian penataan desain di kantor, yang mana hal itu penting sekali untuk dihadirkan. Mengingat ruangan kerja punya konsep-konsep tersendiri yang dibangun untuk bisa memberikan iklim kerja menyenangkan bagi para karyawannya. Perabot-perabot di kantor yang unik dan multifungsi dapat dikombinasikan untuk menciptakan konsep yang diinginkan.
Baca Juga: Toko Mebel Kantor : Furniture Yang Wajib Ada Di Kantor!
Macam-Macam Perabot Utama yang Dibutuhkan di Kantor
1. Meja Operasional dan Kursi Kerja
Contoh furniture kantor yang pertama adalah meja operasional dan kursi kerja. Di dalam ruangan kantor, anda tentu tak boleh melewatkan furniture ini. Meja operasional kantor dan kursi kantor akan sangat dibutuhkan. Bukan hanya bagi 1 karyawan saja tapi lebih dari satu yang terbagi-bagi ke dalam beberapa divisi juga. Ada beragam meja yang diperlukan kantor, seperti meja untuk rapat, meja untuk staf, sampai dengan meja front office.
Sedangkan kursi kantor, juga terbagi ke dalam beberapa macam. Contohnya, tak mungkin jika kursi front office disamakan dengan kursi untuk direktur, tentunya harus dibedakan. Maka dari itu, pembagian meja dan kursi ini sangat penting. Ada lagi jenis kursi yang juga biasa dibutuhkan di kantor, yaitu kursi tunggu. Khususnya untuk kantor perusahaan yang bergeraknya yaitu di bidang jasa pelayanan publik.
Lihat Produk Kami : Laci Meja Kantor Paterson
2. Lemari Kantor
Jenis furniture kantor lainnya yang utama dan sangat sering dibutuhkan di kantor adalah lemari kantor. Lemari sangat dibutuhkan terutama dalam proses pengarsipan dokumen-dokumen. Ini bisa mempermudah para karyawan ketika mencari suatu dokumen tertentu.
Jenisnya ada banyak, di antaranya adalah lemari arsip kayu, lemari arsip besi, lemari arsip filing kabinet, lemari brankas, dan lainnya. Pemilihan lemari yang tepat itu adalah kunci untuk bisa menciptakan poin efisiensi bagi perusahaan serta ruangan penyimpanan Anda. Anda bisa mencari aneka lemari kantor di tempat yang jual furniture kantor.
3. Rak-Rak
Ini tidak jauh berbeda dengan lemari, hanya saja rak buku modelnya tanpa penutup, dan biasanya digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen/buku. Biasanya dokumen dimasukkan terlebih dahulu ke dalam file khusus agar tampak rapi lalu setelah itu baru disusun.
4. Lampu Kerja
Walaupun ruangan kerja kantor sudah pasti punya lampu utama, tetapi pemakaian lampu kerja ini tetaplah penting. Karena lampu utama adalah untuk menerangi segala ruangan, sedangkan lampu meja adalah untuk memaksimalkan penerangan di meja kerja. Kehadiran barang furniture kantor yang satu ini biasanya dihadirkan untuk membuat mata jadi lebih fokus dan memperoleh penerangan lebih baik. Ini bisa mencegah mata lelah akibat kurangnya penerangan ketika bekerja.
Baca Juga : Emang Ada Toko Mebel Terdekat Dari Lokasi Saya?
5. Sofa
Jika tadi adalah kursi kerja, kali ini berbeda lagi yaitu sofa. Sofa menjadi salah satu furniture kantor yang biasa dibutuhkan. Walaupun fungsi dasarnya sama dengan kursi yaitu untuk duduk, tetapi sofa lebih ditujukan untuk suatu fungsi yang berbeda. Misalnya untuk bersantai setelah sibuk beraktivitas atau ketika istirahat tiba.
Penempatannya juga tidak selalu sama dengan kursi, biasanya sofa ditaruh di lobby kantor, atau bahkan di tempat tunggu. Sofa juga biasanya ditempatkan di ruangan kerja pimpinan kantor misal untuk terima tamu bisnis dan semacamnya.
6. Rotary Filing
Rotary filing agak mirip fungsinya dengan lemari arsip, tetapi perbedaannya adalah dari tampilannya. Bentuknya tidak sama dengan lemari, rotary filing bisa diputar sampai 360 derajat. Fungsinya tetap untuk menyimpan berkas-berkas atau dokumen. Rotary filing memudahkan orang-orang di kantor untuk mengambil berkas/dokumen yang disimpan di dalamnya. Tak perlu kerepotan buka tutup lemari, cukup gunakan perabot ini, aktivitas pekerjaan jadi efisien.
7. Papan Progres
Papan progres yang ada di kantor biasanya berupa papan tulis biasa. Fungsi dari papan ini adalah untuk mencatat progres-progres kinerja, berbagai target yang ingin diraih, informasi karyawan, dan lain sebagainya. Papan ini seringkali ditempatkan di tempat-tempat yang strategis dan mudah dilihat semua orang. Bentuk papannya beraneka ragam, ada yang polos dan ada juga yang sudah tersedia tabel-tabelnya.
Baca Juga: Toko Mebel Bali Terbesar Terlengkap – F2C Furniture
Tips dalam Pemilihan Furniture Kantor yang Tepat
1. Memilih Perabot Kantor yang Ideal
Maksud dari memilih perabot kantor yang ideal adalah memilih perabot yang tepat untuk siapa yang akan sering menggunakannya. Contohnya kursi kerja untuk karyawan, maka tentu harus memilih kursi yang pas dengan tinggi badan, serta berat badan rata-ratanya. Jika terlalu tinggi atau terlalu rendah maka akan jadi tidak nyaman digunakan. Misalnya menyebabkan nyeri punggung, nyeri leher, dan lain-lain. Selain itu ada kriteria lain dalam memilih kursi yang tepat.
- Kursi yang punya sandaran lengan
- Kursi yang punya bantalan kursi empuk
- Kursi yang ada kaki roda
- Kursi yang serasi dengan meja kerjanya
- Kursi sesuai bentuk punggung
2. Pilih Perabot yang Multifungsi
Tak ada salahnya memilih meja yang ada laci tambahannya jika anda harus simpan dokumen-dokumen atau peralatan kerja di kantor. Opsi lain yaitu memilih lemari yang multifungsi, yang punya panel board dan rak penyimpanan. Furniture kantor yang multifungsi bisa membuat berbagai peralatan kantor dapat tersimpan dengan rapi.
3. Pilih Perabot Sesuai Gaya Kantor dan Awet
Pilihlah perabot yang selaras dengan style desain interior kantor anda. Tetapi anda harus pertimbangkan baik-baik dahulu. Pilihlah yang dapat mencerminkan bisnis/perusahaan anda, dan juga sesuaikan warna furniture dengan tema ruang kantor. Penting juga untuk memilih perabot yang minimalis, dan tahan lama/awet. Memakai perabot yang awet bisa menghemat budget karena nanti tak perlu gonta-ganti lagi.
Baca Juga: 10 Rekomendasi Kursi Kayu Sederhana Untuk Ruang Tamu
Berbicara tentang perabot yang awet dan berkualitas, sebaiknya anda tak melewatkan produk-produk perabot di supplier toko furniture kantor F2C Furniture. Kini sudah hadir di berbagai daerah di Indonesia, lho. F2C Furniture menghadirkan berbagai perabotan rumah maupun kantor dengan desain menarik. Ingin cari kabinet, kursi kerja, rak serbaguna, atau meja? Semua ada! F2C Furniture juga siap bantu pemasangan furniture anda.
Pemilihan supplier perabotan kantor yang tepat dan terpercaya juga penting untuk dipertimbangkan, dan jangan sampai salah memilih. Jadi, itulah macam-macam furniture kantor yang biasa dibutuhkan di kantor, serta tips-tips dalam pemilihan furniture/perabot kantor yang tepat.
Tinggalkan Balasan